Rabu, 24 Juni 2015

Ciri khas tentang kota Jombang

Makanan Favorit di Jombang
 
1. Kikil Jombang

Kuliner Kikil khas jombang, Kiikil adalah kaki sapi yang  dimasak dengan suhu tinggi dan dengan waktu yang agak lama, ditambah dengan bumbu-bumbu rahasia, dikasih santan dan bahan-bahan pendukung. Jadilah kikil Jombang. Kikil ini akan terasa lebih enak jika dimakan pakai nasi.
Gambar Nasi Kikil Mojosongo
 
Namun, tidak sampai disitu saja, nasi kikil akan terasa nikmmat jika ditambah dengan kering tempe atau tahu, diberi sayur bung (tunas bambu yang masih muda) dan empal daging atau jeroan sapi yang dimasak bacem. Cara penyajiannya menggunakan daun pisang yang dibentuk pincuk.


Pedagang nasi kikil yang paling dikenal dan sering didatangi banyak wisatawan dari luar kota yaitu bertempat di daerah Mojosongo. seperti gambar di atas warung kikil Mojosongo.
Warung yang mungkin terlihat sederhana namun memiliki citarasa yang khas
Namun sayangnya penjual di Mojosongo ini jualnya mulai sore hingga tengah malam. Jadi kalau mau beli pagi hari masih belum buka.  
Harga Nasi Kikil Mojosongo Mulai dari Rp.9000 hingga Rp.15000 per porsi.
 
 
2. Es Degan ( Kelapa Muda) khas Jombang.

Mungkin anda sudah tidak asing dengan es Degan pada umumnya. Buah dari kelapa muda yang diserut kemudian diberi gula dan es. Namun khasnya Jombang adalah es degan ini mendapat bahan tambahan yang berupa nata de coco, alpukat, dan durian yang dilengkapi dengan susu cair.


Pedagang Es Degan ini sudah menjamur di mana-mana. Mereka berpusat di Jalan Merdeka Jombang yang sekarang sudah berubah namanya menjadi Jalan Abdurrahman Wahid. Tepatnya di depan GOR Jombang dan di depan kampus Universitas Darul Ulum, berderet para pedagang es degan khas Jombang ini. Bahkan mereka membuat paguyuban es degan khas Jombang agar mereka tetap menjaga ciri khas rasanya dan menjaga kekompakan harganya. Mereka seperti saudara satu sama lain. Dengan begitu mereka tidak merasa ada yang menyaingi dan tersaingi. Subhanallah…



Jadi jika anda melewati Jombang atau memang sengaja singgah ke Jombang, jangan lupa mencoba mencicipi es degan khas Jombang yang Harganya juga sangat murah, Mulai Rp.4000 ke atas, tergantung campuran yang ingin ditambahkan. Jika ingin lengkap isinya, bisa berkisar Rp.7000.
 
 
Ini khasnya Jombang
 
RINGIN CONTHONG JOMBANG
 
 
 Salah satu ikon tetenger atau ciri khas kota Jombang yaitu Ringin Conthong. Kebanggaan ini menjadi pemicu dan pemacu elemen masyarakat Jombang, baik yang berada di tingkatan lokal maupun warga Jombang yang sudah berdomisili di kota lain. Seperti misalnya komunitas teater Ringin Conthong STKIP PGRI Jombang yang mengembari ludruk mahasiswa ITS Tjap Toegoe Pahlawan. Sedangkan komunitas warga Jombang di Jakarta dan sekitarnya sengaja memasang bentuk menara air Ringin Conthong dalam logo organisasi yang bertajuk Pagerijo, singkatan dari Paguyuban Arek Jombang.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar